Senin, 21 Desember 2009

Apakah yang dimaksud dengan Outline?

Outline adalah sistem formal yang digunakan untuk memikirkan dan mengatur kertas.
Sebagai contoh, Anda dapat menggunakannya untuk melihat apakah ide-ide Anda terhubung ke satu sama lain, urutan ide-ide apa yang terbaik, atau apakah Anda telah cukup bukti untuk mendukung masing-masing poin Anda. Garis besar dapat berguna untuk kertas untuk membantu Anda melihat gambar keseluruhan.

Manfaat outline

outline akan membuat tulisan:
1. Menjadi lebih indah.
Tulisan sebenarnya lebih berhubungan dengan logika (mentransfer kebenaran). Tapi masih ada syarat lain untuk kriteria tulisan yang baik, yaitu ada keindahannya. Sebuah tulisan menjadi indah karena ada irama. Sementara itu, irama akan tercapai melalui perasaan. Muatan perasaan membuat sebuah kata menggapai sebuah irama. Ini ada kaitannya dengan diksi atau pilihan kata. Pilihan kata bisa menjadi pas apabila kita menggunakan outline.
2. Menjadi sempurna dalam hal penyampaian ide.
Pernahkah Anda telah menyelesaikan tulisan, tetapi ada data yang tercecer. Hal ini lazim terjadi pada penulisan yang mengabaikan outline. Kerangka tulisan bisa menciptakan struktur tulisan yang lengkap dan paparan data yang lengkap. Outline juga membuat tulisan menjadi terfokus (tidak ndlewer kemana-mana).
3. Lebih efektif mempengaruhi komunikan/pembaca.
Tulisan yang efektif adalah tulisan yang berdampak pada pembacanya. Hal ini tercapai jika dalam tulisan itu ada kejelasan (clarity) dan karena ada unsur emosi di dalamnya. Semuanya itu bisa tercapai dengan penulisan yang terrencana.

Langkah – Langkah Membuat Outline

1. Identifikasi topik.
Topik kertas Anda adalah penting. Cobalah untuk menyimpulkan titik kertas Anda dalam satu kalimat atau frase. Ini akan membantu kertas Anda tetap fokus pada titik utama.
2. Identifikasi kategori utama.
Apa poin utama yang akan Anda tutup? Biasanya pengenalan memperkenalkan semua poin utama Anda, maka sisa kertas dapat menghabiskan mengembangkan titik-titik tersebut.
3. Buat kategori pertama.
Apa titik pertama ingin Anda bahas? Jika kertas di sekitar pusat istilah rumit, definisi seringkali merupakan tempat yang baik untuk memulai. Untuk makalah tentang teori tertentu, memberikan latar belakang umum di teori dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai.
4. Buat subkategori.
Setelah Anda memiliki titik utama, membuat poin di bawah ini yang menyediakan dukungan untuk titik utama. Jumlah kategori yang anda gunakan tergantung pada jumlah informasi yang Anda akan menutup, tidak ada benar atau salah nomor digunakan.

Dengan konvensi, setiap kategori terdiri dari minimal dua entri. Jika kategori pertama adalah Romawi angka saya, garis besar Anda juga harus memiliki label kategori roman numeral II; jika Anda memiliki modal huruf A di bawah kategori I, Anda juga harus memiliki huruf B. Apakah Anda kemudian pergi ke telah huruf kapital C, D, E, dll, terserah Anda, tergantung pada jumlah bahan yang Anda akan menutupi.
Anda diminta untuk hanya memiliki dua nomor atau huruf masing-masing kategori.
Garis besar yang telah selesai bisa terlihat seperti ini:

Televisi dan Kekerasan Anak
I. Pendahuluan
A. Apakah penyebab televisi kekerasan?
1. Singkat menyebutkan bidang penelitian sebelumnya
2. Mengidentifikasi penyebab dilema
B. Present studi di kedua sisi
1. Beberapa penelitian adalah “untuk”
2. Beberapa penelitian adalah “melawan”
C. Setelah menimbang bukti tampak bahwa TV tidak menimbulkan kekerasan
II. Penelitian “Untuk”
A. Pertama belajar “untuk”
1. Metode
2. Hasil
3. Analisis kesimpulan mereka
a. ukuran sampel memadai
b. tapi sampel yang representatif
B. Kedua studi “untuk”
1. Metode
2. Hasil
3. Analisis kesimpulan mereka
a. salah instruksi
b. kelompok kontrol miskin
III. Penelitian “Melawan”
A. Studi “melawan”
1. Metode
2. Hasil
3. Analisis kesimpulan mereka
a. Kontrol sempurna
b. Tidak beralasan generalisasi
B. Kedua studi “melawan”
1. Metode
2. Hasil
3. Analisis kesimpulan mereka
a. Ukuran sampel yang besar
b. Nyata pengaturan
c. Namun masalah-masalah khas dengan validitas eksternal
IV. Kesimpulan
A. Studies “untuk” semua metodologi miskin
B. Studies “melawan” semua metodologi yang baik
C. Penelitian tidak mendukung TV itu menyebabkan kekerasan
D. Lebih banyak penelitian diperlukan

Macam-Macam Outline

Ada dua jenis garis: garis besar topik dan kalimat garis besar.
• Topik garis besar terdiri dari frasa singkat.
Hal ini sangat berguna ketika Anda sedang berurusan dengan sejumlah masalah yang bisa diatur dalam berbagai cara dalam kertas.
• Kalimat garis besar dilakukan dalam kalimat penuh.
Hal ini biasanya digunakan ketika Anda berfokus pada kertas rincian kompleks. Garis kalimat ini sangat berguna untuk jenis kertas karena kalimat sendiri memiliki banyak rincian di dalamnya. Sebuah kalimat garis besar juga memungkinkan Anda untuk memasukkan orang rincian dalam kalimat bukannya harus membuat garis besar banyak frase pendek yang berlangsung di halaman demi halaman.

Kedua menguraikan kalimat topik dan mengikuti format yang kaku, menggunakan angka Romawi dan Arab bersama-sama dengan modal dan huruf kecil alfabet. Hal ini akan membantu Anda dan siapa saja yang membaca garis Anda untuk mengikuti organisasi Anda dengan mudah. Ini adalah jenis garis paling sering digunakan untuk kelas kertas dan pidato. Tidak ada aturan untuk jenis garis besar adalah yang terbaik.
Memilih salah satu yang menurut Anda terbaik untuk kertas Anda.

Keep Your Outline Fleksibel
Meskipun format garis adalah kaku, seharusnya tidak membuat Anda tidak fleksibel tentang cara menulis kertas Anda. Seringkali ketika Anda mulai menulis, terutama tentang subjek yang tidak Anda kenal dengan baik, yang kertas mengambil arah baru. Jika arah perubahan kertas Anda, atau Anda menambahkan bagian baru, kemudian merasa bebas untuk mengubah garis besar – seperti yang Anda akan membuat koreksi pada peta kasar seperti Anda menjadi lebih terbiasa dengan menjelajahi daerah Anda. Reorganisasi tidak lazim; Anda outline akan membantu Anda tetap terorganisir dan terfokus.
Namun, ketika kertas Anda menyimpang dari garis besar Anda, dapat juga berarti bahwa Anda telah kehilangan fokus, dan karenanya struktur kertas Anda. Bagaimana Anda tahu apakah untuk mengubah kertas untuk sesuai dengan garis besar atau mengubah kerangka agar sesuai dengan kertas? Cara yang baik untuk memeriksa diri Anda sendiri adalah dengan menggunakan kertas untuk menciptakan garis. Ini sangat berguna untuk memeriksa organisasi dari kertas.
Jika garis yang dihasilkan mengatakan apa yang Anda inginkan untuk mengatakan dalam urutan yang mudah diikuti, yang organisasi kertas Anda telah berhasil. Jika Anda menemukan bahwa sulit untuk menciptakan garis besar dari apa yang telah Anda tulis, maka Anda perlu untuk merevisi kertas. Garis besar Anda dapat membantu Anda dengan ini, karena masalah di outline akan menunjukkan kepada Anda di mana kertas telah menjadi kacau.

http://depts.washington.edu/psywc/handouts/pdf/outline.pdf

Alasan saya mengambil artikel ini karena saya merasa artikel ini sangat lengkap walaupun agak susah memahaminya dalam hal bahasa. Artikel ini aslinya menggunakan bahasa inggris yang kemudian saya terjemahkan dalam bahasa indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar